Ustaz Hasmy Ali 150723

Kuliah Subuh


• Dilarang seorang muslim:
   - menyambung rambut
   - menanam tatu
   - merengang gigi

• Merapatkan gigi dengan memakai brases tanpa ada sebab yang dibenarkan syarak hukumnya haram. Jika kerana kecacatan dan sebab kesihatan yang mengangu sebutan apabila membaca Qur'an.

• Allah 'Aza wa Jalla berfirman:

"Yang mereka sembah selain Allah itu tidak lain hanyalah inatsan (berhala), dan mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka, yang dilaknati Allah, dan (setan) itu mengatakan, 'Aku pasti akan mengambil bagian tertentu dari hamba-hamba-Mu dan pasti kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, (lalu mereka benar-benar memotongnya), dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya)', barangsiapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang merata."
(QS. An-Nisa': 117-119).

• Dari Asma' radhiyallahu 'anha, seorang wanita bertanya kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata, "Wahai Rasulullah, putriku terkena cacar hingga rambutnya rontok, dan aku hendak menikahkannya, bolehkah aku menyambung rambutnya?" Beliau bersabda, 'Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang disambung rambutnya'."
[Muttafaqun 'alaih].
[Shahih: Al-Bukhari (5935), Muslim (2122), An-Nasa'i (8/187)].

• Dari Humaid bin Abdurrahman, ia mendengar Mu'awiyah berkata di atas mimbar pada musim haji sembari meraih seikat rambut yang ada di tangan seorang penjaga lalu berkata, "Wahai penduduk Madinah! Mana ulama kalian?! Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam melarang (mengenakan) seperti ini." Ia berkata, "Sesungguhnya, Bani Israil binasa ketika kaum wanita mereka mengenakan seperti ini."
[Muttafaqun 'alaih].
[Shahih: Al-Bukhari (5932); Muslim (2127); Abu Dawud (4167); Tirmidzi (2782)].

• Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang meminta disambung rambutnya; wanita yang menato dan yang meminta ditato.
[Muttafaqun 'alaih]
[Shahih: Al-Bukhari (5937); Muslim (2124); Abu Dawud (4169); Tirmidzi (2783)].

• Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Allah telah melaknat wanita-wanita yang membuat tato dan wanita yang meminta ditato; wanita-wanita yang mencabut bulu mata dan wanita-wanita yang meminta dicabut bulu matanya; serta wanita-wanita yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah." Seorang wanita kemudian berkata kepada Ibnu Mas'ud terkait hal itu, ia berkata, "Kenapa aku tidak melaknat orang yang dilaknat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, sementara penjelasan ini ada dalam Kitabullah? Allah 'Aza wa Jalla berfirman, 'Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.' (QS. Al-Hasyr: 7)."
[Muttafaqun 'alaih].
[Shahih: Al-Bukhari (5931); Muslim (2125); Abu Dawud (4169)].

• Perbuatan mengubahkan kejadian Allah SWT tanpa sebab yang dibenarkan syarak hukumnya haram. Ditakrifkan sebagai dosa besar. Membawa kepada kemurkaan NYA.

• Wassalam
 

Comments

Popular posts from this blog

Ustaz Ghazali Omar 020912

Ustaz Shamsuddin 090809

Evernote:Ustaz Ismail Al Fatoni 210914