Ustaz Jemputan 291018

Kuliah Maghrib

✓ Sahabat besar Rasulullah SAW. Adalah mereka yang selalu duduk dimajlis Baginda. Ada yang banyak meriwayatkan hadis. Tetapi ada juga yang tidak banyak meriwayatkan hadis.

✓ Saidina Abu Bakar, Saidina Omar, Saidina Usman dan Saidina Ali merupakan sahabat besar Rasulullah SAW.

✓ Utbah RA adalah seorang sahabat besar yang meriwayatkan hadis yang mahsyuhr mengenai kebesaran surah tiga Qul.

✓ Ibnu Abbas RA merupakan seorang sahabat besar Rasulullah SAW. Beliau juga sepupu Baginda.

✓Beliau meriwayatkan hadis mengenai kedudukan makmum ketika mengikut imam. Ia itu Afdhal  berdiri dibelakang imam disebelah kanan.

✓ Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma. Ia berkata: "Aku menginap di rumah bibiku, Maimunah. Pada malam harinya, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam shalat malam. Lalu aku bangun dan berdiri di sebelah kiri beliau. Lalu beliau memegang kepalaku dan memindahkanku ke sebelah kanan beliau." Hadis Muttafaq 'Alaih.

✓ Ath-Thabrani dalam "al-Kabir" dan Al-Awsath" meriwayatkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dari Ibnu Abbas radhiyallahu anh:

أَرْبَعٌ مَنْ أُعْطِيَهُنَّ فَقَدْ أُعْطِيَ خَيْرَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ قَلْبًا شَاكِرًا , وَلِسَانًا ذَاكِرًا وَبَدَنًا عَلَى الْبَلَاءِ صَابِرًا , وَزَوْجَةً لَا تَبْغِيهِ حُوبًا فِي نَفْسِهَا وَمَالِهِ

 "Ada empat perkara, jika seseorang diberinya, berarti ia telah diberi kebaikan dunia dan akhirat, yaitu: hati yang bersyukur, lisan yang berdzikir, badan yang sabar akan musibah, dan isteri yang tidak durhaka, berbuat dosa dalam dirinya dan harta suaminya". (HR. Thabrani dengan sanad yang baik)



Sumber: http://riyadhulquran.com/2015/01/lisan-yang-berdzikir-satu-dari-empat-kemuliaan-manusia/

✓ Wassalam

Comments

Popular posts from this blog

Ustaz Ghazali Omar 020912

Ustaz Shamsuddin 090809

Evernote:Ustaz Ismail Al Fatoni 210914